Rabu, 24 Juni 2009

e-commerce

E-COMMERCE

Saat ini, internet telah menjadi salah satu media pemasaran dan penjualan yang murah,
cepat dan memiliki jangkauan yang luas hingga menembus batas - batas negara.
Seiring dengan booming internet pada akhir 90-an, bermunculanlah berbagai online shop
yang
menawarkan produk melalui website yang dirancang untuk dapat melakukan transaksi secara
online, dan lahirlah istilah E-commerce.

Di Amerika, nilai transaksi perdagangan retail yang dilakukan secara online terus meningkat.
Berdasarkan statistik yang dipublikasikan oleh US Census Bureau, nilai transaksi retail
secara online pada 3 bulan (quarter) pertama tahun 2008 mencapai 33 milyar USD. Jumlah ini
adalah sekitar 3.3 persen dari total nilai perdagangan retail pada rentang waktu tersebut.
Bila dilihat dari persentase, nilai transaksi retail online mengalami peningkatan jika
dibandingkan dengan akhir tahun 2000 yang hanya mencapai 1 persen dari total nilai
perdagangan retail.

Bagaimana dengan Indonesia ? Meskipun saya belum mendapatkan data statistik mengenai hal
ini, tapi diperkirakan nilai transaksi retail yang dilakukan melalui internet masih sangat
kecil jumlah dan persentasenya jika dibandingkan dengan nilai transaksi retail secara keselu
uhan. Hal ini sejalan dengan masih sedikitnya pengguna internet di Indonesia yang menurut
data APJII baru sekitar 8 persen dari jumlah penduduk. Selain itu, pengguna internet yang
telah lama menggunakan internet pun belum tentu pernah bertransaksi melalui internet karena
masalah kebiasaan atau belum yakin akan keamanannya.

Berdasarkan kenyataan tersebut, bagaimana dengan prospek E-commerce di Indonesia ?
Saya berpendapat bahwa E-commerce di Indonesia masih memiliki potensi untuk berkembang
pesat. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, yakni :

* Akses internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna
internet
* Dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun
sms banking, yang akan mempercepat proses transaksi
* Biaya web hosting yang semakin murah
* Semakin mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya
berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll

Selain hal - hal yang disebutkan di atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus
didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang
disebabkan penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya.
Dengan demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger